Sabtu, 03 Agustus 2013

Cool Thread : Menguak Rahasia Kepiting Tapal Kuda

 Alhamdulillah jadi Cool Thread ( CT ) :D untuk bulan Agustus ! Moga bermanfaat yach !!!

 ---------------------------------------------------------------------------------------------
Darahnya biru dan berasal dari makhluk yang lebih kuno dan lebih tahan dari dinosaurus. Bahkan, binatang ini diklaim sebagai “alat baru untuk menjaga kehidupan.” Binatang yang dimaksud di sini adalah kepiting tapal kuda  ( Horse Shoe Crab )




Makhluk primitif ini tidak hanya berkembang untuk memainkan peran kunci di alam, tapi sekarang memenuhi tempat dalam industri medis manusia. Ekstraksi darah binatang ini memastikan bahwa produk farmasi dan medis bebas dari kontaminasi bakteri dan tidak ada yang bekerja begitu berkemampuan seperti itu.


Kepiting tapal kuda terus terancam dengan kemungkinan terkena infeksi. Tidak seperti kebanyakan mamalia (baik tanah dan air) kepiting tapal kuda tidak memiliki sistem kekebalan tubuh dan tidak dapat menghasilkan antibodi untuk melawan infeksi. Namun demikian, ia tidak menyerah begitu saja. Ia memiliki sejumlah senyawa yang akan mengikat bakteri, virus dan jamur sehingga mereka nonaktif. Senyawa ini dikenal sebagai LAL yang tidak hanya mereka mengikat dan menonaktifkan endotoksin bakteri, tetapi membentuk bekuan sebagai hasil dari aktivasi endotoksin yang memberikan kontrol atas luka. Bekuan dapat mencegah perdarahan dan membentuk penghalang fisik terhadap bakteri tambahan.

Oke, mungkin kalian bingung kenapa disebut kepiting tapal kuda ?
 
Jawab : Kalau di Indonesia, kepiting ini disebut MIMI dan ada juga yang menyebutnya BELANGKAS atau KEPITING BULAN bahkan ada yang nyebut KEPITING LADAM, MINTUNA, DLL. Kalau dalam bahasa latin namanya Limulus Polyphemus. Bentuknya yang aneh kayak ikan pari dengan ekor yang meruncing tetatpi di bagian dasarnya ada kaki-kaki khas binatang Arthropoda. Bentuknya juga mirip tapal/kaki kuda dan agak pipih. Sekilas kita lihat kepiting jenis ini nampak mengerikan. Kalau di Indonesia, LIPI sudah mulai menelitinya dan bahkan ilmuwan luar negeri banyak yang menguak rahasia kandungan darah kepiting ini untuk kepentingan pengobatan.

                                            Gambar. Bagian Bawah Kepiting Tapal Kuda

Horseshoe crab  paling sering ditemukan di Teluk Meksiko dan sepanjang pantai Atlantik utara Amerika Utara.
Kepiting tapal kuda Jepang (Tachypleus tridentatus) ditemukan di Laut Seto Inland. Dan dianggap sebagai spesies yang terancam punah karena kehilangan habitat. Dua jenis lainnya terjadi di sepanjang pantai timur India: Tachypleus gigas dan Carcinoscorpius rotundicauda.
 
Menurut wikipedia, kepiting tapal kuda hidup di daerah mangrove dan paya-paya. Semuanya (empat jenis) termasuk dalam keluarga Limulidae dan menjadi wakil dari bangsa Xiphosurida yang masih bertahan hidup. Cetakan fosil hewan ini tidak mengalami perubahan bentuk berarti sejak masa Devon (400-250 juta tahun yang lalu) dibandingkan dengan bentuknya yang sekarang, meskipun jenisnya tidak sama. Mimi adalah nama dalam bahasa jawa untuk yang berkelamin jantan dan mintuna adalah untuk yang berkelamin betina.
 
 

Jenis-jenis

  • Genus Carcinoscorpius
    • Carcinoscorpius rotindicauda, mimi ranti, hidup di perairan mangrove Asia Tenggara
  • Genus Limulus
    • Limulus polyphemus, menghuni pantai-pantai timur Amerika Utara
  • Genus Tachypleus
    • Tachypleus gigas, mimi bulan, menghuni pantai Asia Tenggara dan Asia Selatan ( india )
    • Tachypleus Tridentatus, menghuni pantai-pantai Asia Utara
Dari keempat jenis ini, hanya L. polyphemus yang tidak ditemukan di perairan Indonesia
 
Kepiting Horseshoe memiliki tiga bagian tubuh: Kepala, yang dikenal sebagai "prosoma" daerah perut atau "opisthosoma" dan ekor tulang belakang atau "telson". cangkang halus atau karapak berbentuk seperti tapal kuda dan abu-abu kehijauan sampai coklat tua.  Kepiting tapal kudamemiliki kemampuan langka untuk menumbuhkan kembali anggota tubuh yang hilang dalam cara yang mirip dengan bintang laut.
 
 
 
Darah dalam sirkulasi makhluk-makhluk ini, yang umumnya tinggal di lingkungan yang dingin dengan tegangan oksigen rendah, abu-abu-putih ke kuning pucat, dan ternyata biru gelap bila terkena oksigen di udara, seperti yang terlihat saat mereka berdarah . hemocyanin membawa oksigen dalam cairan ekstraseluler, yang kontras dengan pengangkutan oksigen intraselular di vertebrata oleh hemoglobin dalam sel darah merah. 
Darah Limulus berisi jenis sel darah, amebocyte. Mereka memainkan peran penting dalam pertahanan melawan patogen. butiran Amebocyte mengandung faktor pembekuan yang disebut coagulogen; ini dirilis di luar sel bakteri endotoksin ketika ditemui. Pembekuan bahwa hasil seharusnya mengandung infeksi bakteri dalam sistem sirkulasi semi-tertutup dari binatang.
 
Di Indonesia, kepiting ini masih asing namun di beberapa daerah dapat ditemukan masakan yang terbuat dari telur dan daging kepiting tapal kuda ini. Katanya yang paling enak itu telurnya dan dagingnya juga segurih kepiting biasa. Pengolahan kepiting ini bisa direbus atau dipanggang. Walaupun kalau orang lihat tampilannya agak jijik dan ngeri. 

Lalu, apa manfaat kepiting tapal kuda untuk kesehatan ?

Jawab :
Esktrak plasma darahnya (haemocyte lysate) banyak digunakan dalam kajian biomedis dan lingkungan. Di Amerika Serikat, Cina, dan Jepang ekstrak darah ini digunakan sebagai bahan pengujian endotoksin serta untuk mendiagnosis penyakit meningitis dan gonorhoe. Serum anti-toksin menggunakan belangkas telah berkembang di Eropa, Amerika Serikat, Jepang, dan Asia Barat. Warna darah biru pada belangkas dari tembaga dalam protein, pembawa oksigen, hemosianin- mirip hemoglobin berbasis besi pada manusia.

                        Gambar. Darah Kepiting Tapal Kuda yang ditempatkan dalam botol

Daging dan telur belangkas bisa dikonsumsi. Masyarakat Melayu di Kota Tinggi, Johor (Malaysia) menyediakan masakan asam pedas dan sambal tumis belangkas. Namun di dalam belangkas terdapat sejenis racun yang bisa memabukkan. Hanya bagian tertentu saja boleh dimakan dan hanya seorang yang sudah terbiasa dan ahli saja yang mengetahui cara menyajikan makanan laut dari belangkas ini.

                                         Gambar. Masakan dari Kepiting Tapal Kuda


Mohon Komennya ya !!!




24 komentar:

  1. Update nich :

    Katanya di Malaysia ekstraksi darah kepiting tapal kuda harganya RM 17,500 per liter... Itu kira-kira kalo di rupiahkan berapa ya ?

    BalasHapus
  2. kalau kepiting jenis ini sih banyak di daerah saya SUMUT di Tanjungbalai city..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di tanjung balai dimana bisa dapat masakan atau tempatnya gan..saya lagu butuh, susah carinya..

      Hapus
  3. kok di TV ga pernah liat ada acara ngeliput nih kepiting, seringnya ketam kelapa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo di berita TV ataupun acara TV di Indonesia memang jarang ngeliput ini kepiting tapal kuda, tapi waktu itu sempat ada ulasannya di National Geographic Channel, disitu kalo ga salah ya bahas kepiting tapal kuda saat maraknya penelitian di TAIWAN ( kalo ga salah ya ), disitu dijelasin juga proses ekstraksi darah dan tempat hidupnya di pantai-pantai... CMIIW

      Hapus
  4. Khasiat Belangkas juga bisa untuk mengobati ketergantungan narkoba. Caranya Belangkas direbus hanya dengan serai. Kemudian dimakan bagian telurnya sampai habis. Cuma sekarang susah untuk memdapatkannya (bangka belitung)

    BalasHapus
  5. Khasiat Belangkas juga bisa untuk mengobati ketergantungan narkoba. Caranya Belangkas direbus hanya dengan serai. Kemudian dimakan bagian telurnya sampai habis. Cuma sekarang susah untuk memdapatkannya (bangka belitung)

    BalasHapus
  6. D jakarta kepiting kuda itu ada obat nya se harga 125000 rupiah itu memangvharga nya?

    BalasHapus
  7. tempat saya kalau mau tahun baru biasanya lautnya pasang tinggi, kepiting tapal kuda nya banyak nyangkut di darat, biasanya anak anak ambil itu, ekornya buat nunjuk huruf di alquran atau ngaji sih atau kulitnya di buat koleksi,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon info.barusan sy dpt kpiting tpal kuda sy truh d kolam ap ad yg butuh

      Hapus
  8. sy lg nyari belangkas dlm jumlah yg banyak. kalo ada bs jual ke saya. trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hati hati ini termasuk hewan langka yang dilindungi, kalo dijual beli bisa kena pidana

      Hapus
    2. Brp per ekor dn sebesar apa

      Hapus
    3. Masak iya dilindungi..?? Ditempat saya banyak..
      Dijual belikan buat lauk..

      Hapus
    4. lokasi mana gan banyak itu?

      Hapus
    5. surabaya di sepanjang pesisir pantai banyak sekali, dari kecil saya suka ambil dan bakar bareng teman2 saya samapi saat ini pun bayak dan di anggap hama oleh nelayan karna sering merusak jala para nelayan itu

      Hapus
  9. Sama saya ada darah kepiting ekor kuda kmana bisa dijual

    BalasHapus
  10. Lha itu susah nya kalo kita menjual darahnya dimana ya pengeful nya ....Tolong dong info nya

    BalasHapus
  11. Dimana ya..saya dapat hubungi supplier atau peternak..kepiting tapal kuda.kalau teman teman ada info mohon hubungi saya di nomor 082297840511..thanks priyo

    BalasHapus